PENGERTIAN HARD DISK DRIVE (HDD)


Hard Disk Drive (bahasa Indonesianya Cakram keras atau Diska keras) atau yang sering disingkat HDD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hard Disk Drive merupakan salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold johnson pada tahun 1956, yang mana kemudian menjadi standar penyimpanan untuk penggunaan komputer umum di tahun 1960-an. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasi mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Diska keras atau Hard disk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar diska keras saat ini mencapai 14 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.


FUNGSI HARD DISK DRIVE (HDD)


Hard Disk Drive (HDD) merupakan memori berkapasitas besar pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Data yang disimpan tersebut seperti Sistem Operasi / Operating System atau OS (Windows, Linux), Software (office, browser dll), serta data pribadi Anda  (dokumen, foto, video, lagu dsb). Harddisk memiliki berbagai macam jenis dan ukuran kapasitas yang mampu menyimpan hingga milyaran bytes. Berikut adalah jenis-jenis Hardisk beserta penjelasannya.


JENIS - JENIS HARD DISK DRIVE

Ada beberapa jenis hard disk drive
  • Harddisk ATA / EIDE - Hardisk jenis ATA (Advanced Technology Attachment) atau juga disebut dengan EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) merupakan hard disk yang menggunakan teknologi interface/antar muka disk yang sesuai antara koneksi  ke bus dan dapat dihubungkan langsung ke bus PCI. Ada banyak sekali produsen yang memproduksi Harddisk jenis ini sehingga sangat mudah ditemukan. Keunggulan dari hard disk drive ini adalah harganya yang murah, sementara kekurangannya adalah harus menggunakan kontroler secara terpisah apabila menggunakan dua drive secara bersamaan.
  • Harddisk SCSI - Hardisk jenis ini dapat terkoneksi ke bus SCSI (Small Computer System Interface) standar serta memiliki performa yang lebih baik dari harddisk ATA. untuk pemakaian bersamaan ke banyak drive tanpa menggunakan kontroler, akan tetapi untuk harganya lebih mahal daripada harddisk ATA / EIDE.
  • Hardisk RAID -  Harddisk RAID (Redundant Array of Independent Disk) memiliki kehandalan yang tidak perlu diragukan lagi, kemampuan untuk mentolelir kesalahan penyimpanan atau penumpukan data menjadi keunggulan harddisk jenis ini. Selain itu kemampuan penyimpanan yang sangat besar menjadikan harddisk ini banyak dilirik oleh konsumen. Harddisk jenis ini sangat baik digunakan untuk komputer dengan performa menegah atas, sehingga banyak digunakan pada komputer yang ada sekarang ini.
  • Harddisk SATA - Harddisk jenis SATA (Serial Advanced Technology Attachment) terkenal dengan kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi dan mampu mengurangi latensi atau delay. Proses pentransferan data harddisk jenis ini dilakukan secara berurutan. Harddisk jenis ini juga tidak menggunakan sistem master atau slive karena dalam penggunaannya harddisk ini hanya bisa menggunakan satu kabel untuk satu hard disk.
  • Harddisk SSD - Harddisk SSD (Solid State Disk) tidak seperti jenis hard disk sebelumnya, teknologi harddisk yang satu ini tidak menggunakan mekanik dalam media penyimpanannya. Teknologi jenis hard disk SSD ini sama seperti USB drive atau memori komputer. Apabila diperhatikan dengan seksama jenis harddisk ini tidak memiliki komponen bergerak di dalamnya.


itulah pengertian tentang hard disk drive dan jenis-jenis hard disk drive. Ada beberapa perusahaan produsen harddisk terkenal di dunia. Bermacam-macam merek dan jenis yang beredar di pasaran, berikut adalah merek hdd terbaik dan berkualitas paling laris di pasaran


MERK HARD DISK DRIVE TERBAIK DAN PALING LARIS DI PASARAN


Secara umum ada enam produsen besar pembuat harddisk di dunia yang sangat populer dan banyak beredar di pasaran internasional. berikut adalah ulasannya:

1. Seagate


Seagate merupakan salah satu perusahaan multinasional yang berlokasi di Scotts Valley, California. Seagate adalah produsen hard disk terbesar di dunia. Harddisk seagate sudah sangat terkenal dengan kualitas harddisk yang terbaik dikalangan pengguna komputer. Harddisk seagate memiliki kecepatan transfer yang super cepat, handal, dan sangan awet digunakan selama 24 jam. Hardisk Seagate memiliki ukuran kapasitas yang beragam, memiliki kecepatan rotasi hingga 5400 - 7200 RPM. Tingginya kecepatan RPM membuat hard disk ini akan mudah panas. Harddisk Seagate banyak digunakan pada komputer PC diantaranya, komputer server, laptop, perekam video digital, dan beberapa perangkat game satation sepert playstation 3.


2. Western Digital / WD


Hard Disk WD (Western Digital) adalah salah satu merk harddisk terbaik dan berkualitas yang memiliki kecepatan transfer super cepat yaitu sebesar 6 GB (Giga Byte) dalam waktu 2 menit. Harddisk WD merupakan salah satu harddisk yang menggunakan USB 3.0 dan didukung 3 software diantaranya WD security, WD utilities dan fitur cloud backup dengan didukung fasilitas password.


3. Hitachi HGST


Hitachi Global Storage Technologies (HGST)  adalah penyedia terpercaya hard drive SATA dan SAS berkualitas tinggi dan andal yang dirancang untuk berbagai aplikasi dan lingkungan. Harddisk hitachi banyak digunakan oleh merk laptop Asus, Axioo, dan acer. Ketiga merk tersebut dikenal sebagai laptop yang tidak mudah panas dan memiliki cache yang besar. Kekurangan hardisk hitachi adalah dari segi power atau daya baterai yang mudah habis.

4. Toshiba


Toshiba merupakan salah satu produsen harddisk berkualitas dan sangat populer dikalangan pengguna komputer. Kelebihan harddisk Thosiba yaitu memiliki performa cukup kencang namun sayangnya kinerja randon read cukup kecil dan memiliki masalah pada ketahanannya dimana harddisk toshiba ini mudah rusak terutama terhadap goncangan.


5. Samsung


Samsung merupakan salah satu merk ternama dan produsen hardisk berkualitas yang banyak beredar di pasaran, mulai dari harddisk internal dan harddisk eksternal. Harddisk samsung memiliki kelebihan yaitu, hemat daya hingga 50%, RPM hingga 5400-7200 RPM, tidak menghasilkan suara yang begitu berisik ketika digunakan dan harga yang cukup murah.

6. Fujitsu


Fujitsu adalah sebuah perusahaan asal jepang yang mengkhususkan diri dalam semikonduktor komputer, (superkomputer, komputer pribadi, server), telekomunikasi, dan jasa yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Fujitsu juga merupakan salah satu merk harddisk terkenal dan sangat berkualitas yang banyak beredar di pasaran.


Demikian ulasan tentang HDD TERBAIK DAN BERKUALITAS semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi dan wawasan Anda tentang hard disk drive. Baca juga artikel menarik lainnya di blog ini untuk menambah wawasan Anda tentang dunia teknologi.