PENGERTIAN RAM 

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah suatu perangkat keras di dalam PC atau Komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. Data di dalam RAM dapat hilang ketika komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power suplay dicabut dari perangkat.  Kapasitas RAM pada komputer berpengaruh pada kinerja atau tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga semakin besar kapasitas RAM pada komputer maka kinerja komputer tersebut juga semakin cepat.


FUNGSI RAM (Random Access Memory)

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM diatas, fungsi RAM secara umum yaitu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). RAM berperan mempercepat proses penyimpanan data, membuka data, atau menjalankan program pada komputer. Semakin besar kapasitas RAM kecepatan pemrosesan data pada komputer juga akan semakin baik.


JENIS - JENIS RAM

Berikut adalah beberapa jenis RAM:
  • DRAM (Dynamic Random Access Memory) - adalah suatu jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan/refresh oleh CPU (Central Processing Unit) supaya data yang terkandung di dalamnya tidak menghilang atau terhapus.
  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) - merupakan jenis memori adalah lanjutan dari DRAM namun telah mengalami sinkronasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan DRAM.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory) - biasa disebut DDR RAM atau DDR saja merupakan jenis memori kelanjutan SDRAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 (Double Data Rate generation 2), DDR3 (Double Data Rate generation 3), dan yang terbaru saat ini adalah DDR4 (Double Data Rate generation 4) dan kemungkinan terus berlanjut.
  • RDRAM (Rambus Dynamic Access Memory) - adalah suatu jenis memori yang memiliki kinerja lebih cepat dan juga umumnya lebih mahal dibandingkan SDRAM. Memori RAM ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  • SRAM (Static Random Memory) - adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran/refresh oleh CPU supaya data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik.  RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan DRAM ataupun SDRAM.
  • PSRAM (Pseudostatic Random Access Memory) - adalah jenis RAM yang menawarkan manfaat dan fungsi RAM gabungan antara DRAM (High Density) dan SRAM (kemudahan penggunaan), memiliki built-in refresh dan address-control circuit yang sangat mirip dengan SRAM, digunakan dalam sistem embedded seperti produk Apple.
  • RLDRAM (Reduced-Latency Dynamic Random Access Memory) - Type RAM ini terutama digunakan dalam jaringan Komputer dan caching aplikasi. Aplikasi tingkat tinggi yang melibatkan fungsi RAM ini dalam operasi membaca / menulis. RLDRAM menyediakan akses acak dengan bandwidth tinggi.
  • EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) - yaitu jenis dari memori yang dipergunakan pada sistem yang telah menggunakan pentium. Jenis memori ini dapat menyimpan ataupun mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan membaca maupun menulis datanya menjadi lebih cepat.
  • SGRAM (Synchronous Graphics Random Access Memory) - Jenis RAM ini digunakan dalam adapter grafis dan dapat membuka dua halaman memori pada suatu waktu. Chip ini juga menawarkan masking bit dan menulis blok. SGRAM dirancang untuk tujuan percepatan kinerja tinggi yang terutama digunakan pada video card.
  • FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) - Dengan FPM DRAM, membaca dan menulis data tidak tertunda karena precharge dan mengakses deretan DRAM. Hal ini meningkatkan kinerja perangkat.

Penggunaan RAM (Random-access Memory) biasa kita temukan pada perangkat berikut:
  1. Komputer
  2. Mikroprosesor
  3. Digital Signal Processing (DSP) Sirkuit
  4. Layar LCD dan Printer
  5. Hard Disk dan Buffer Router
  6. Kamera Digital
  7. Synthesizer
  8. Ponsel
Demikianlah penjelasan tentang pengertian RAM, fungsi serta jenis-jenis RAM. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah informasi pembaca tentang seputar teknologi. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, baca juga artikel lainnya di bremot.blogspot.com