Sebelum membahas lebih lanjut tentang Antivirus, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa itu virus komputer, bahaya virus komputer, serta kerugian yang dapat ditimbulkan oleh virus komputer ini.

PENGERTIAN VIRUS KOMPUTER


Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak, misalnya dengan merusak data pada dokumen membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. Umumnya, virus komputer dibuat untuk tujuan yang tidak baik, banyak efek negatif  yang ditimbulkan oleh virus komputer seperti contohnya menggandakan dirinya sendiri sehingga berdampak pada space memori yang akan semakin berkurang sehingga membuat komputer sering hang atau freeze atau mengubah ekstensi pada file dan program sehingga program/file tersebut tidak bisa berjalan atau digunakan. Tidak hanya itu, Virus komputer juga dapat mencuri data pribadi seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut. Virus komputer tidak hanya merusak perangkat lunak komputer, bahkan virus komputer dapat merusak perangkat keras atau hardware komputer.


JENIS-JENIS VIRUS KOMPUTER


berikut ini adalah contoh jenis-jenis virus pada komputer atau ponsel berserta fungsinya
  • Worm - Adalah jenis virus kompter yang dapat menggandakan dirinya sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Hal ini dapat menyebabkan Hardisk menjadi penuh akibat worm tersebut atau menghabiskan bandwidth jaringan yang tersedia.
  • Trojan - Adalah virus komputer yang menyerupai sebuah program yang baik sehingga user sering kali tertipu dan menginstal virus ini. Tujuan dari virus trojan ini kebanyakan adalah mencuri data atau memperoleh informasi dari target atau victim seperti password, nomor kartu kredit dan lain-lain.
  • Backdoor - Adalah jenis virus komputer yang memiliki fungsi dan bentuk yang hampir sama dengan virus trojan. Tujuan dari virus ini adalah untuk membuat celah keamanan sehingga pembuat virus dapat mengakses komputer korbannya.
  • Spyware - Adalah sebuah virus yang berfungsi memantau setiap aktifitas komputer korbannya yang terinfeksi.
  • Rogue - Adalah sebuah virus komputer yang menyerupai atau meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu tersebut dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rouge tersebut. Virus ini juga dapat membuka celah keamanan dalam komputer korban guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit - Adalah sebuah virus komputer yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. Tujuan dari virus ini adalah menyembunyikan proses, berkas dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung, sehingga membantu penyusup menjaga tindakan mereka yang masuk ke dalam sistem agar tidak terlacak atau terdeteksi.
  • Polymorphic virus - adalah virus yang dirancang untuk mengecoh program antivirus sehingga virus ini selalu berusaha agar tidak terdeteksi dengan cara mengubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi program lain.
  • Metamorphic virus - Adalah virus yang dapat mengubah pengkodeannya sendiri agar tidak mudah di deteksi oleh antivirus. Virus ini dianggap sebagai ancaman yang lebih canggih daripada malware biasa atau bahkan virus polimorfik.
  • Virus Ponsel - Adalah virus yang menyerang telepon seluler, efek yang ditimbulkan bermacam-macam, mulai dari mencuri data-data pribadi di dalam telepon seluler, membuat panggilan secara diam-diam sehingga merugikan pengguna ponsel hingga merusak perangkat seluler.

Untuk menghindari hal-hal diatas, kemudian diciptakan sebuah program yang dapat mendeteksi, menghapus dan mengamankan komputer atau ponsel dari serangan virus tersebut yang disebut Antivirus.



ANTIVIRUS


Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya,perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketikan disimpan).

Macam - Macam Jenis Antivirus Yang Paling Banyak Digunakan Beserta Ulasan Kelebihan dan Kekurangannya


Seiring perkembangan zaman, pembuat virus ini juga berinovasi seperti halnya virus-virus biologis sungguhan yang berevolusi, sehingga lahir atau terciptanya sebuah virus baru yang sangat sulit dideteksi dan dimusnahkan dan sangat membahayakan komputer korbannya. Seperti virus komputer baru-baru ini yang cukup menghebohkan dunia yaitu virus Ransomware. Ransomware adalah sebuah virus atau malware yang mampu mengambil alih kendali sebuah komputer. Pada kebanyakan kasus, Ransomware mengenskripsi data di komputer korban dan menggunakan kunci enskripsi yang hanya diketahui oleh si penyerang. Hal ini mencegah pengguna atau korbannya mengakses data hingga tebusan dibayar.  Untuk mengantisipasi hal ini, perusahaan Antivirus berlomba lomba meningkatkan kecerdasan produknya dalam mendeteksi atau menangani virus-virus model baru yang membahayakan. Berikut adalah macam-macam antivirus yang bisa kamu Andalkan untuk mengamankan komputermu dari serangan virus berbahaya:


1. AVIRA


Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan jerman. Aplikasi anti virus yang didasarkkan pada produk AntiVir. Mesin scan virus AntiVir biasa disebut "Luke Filewalker", yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Biasa disebut "H + BEDV Datentechnik" ketika didirikan. Avira AntiVir Personal - perangkat lunak antivirus gratis untuk penggunaan pribadi. Mesin Antivirus Avira telah digunakan juga untuk Ashampoo antivirus dan Webroot Web Washer.

Avira AntiVir Personal - Free Antivirus adalah salah satu produk gratis, namun aplikasi ini hanya untuk penggunaan pribadi. Seperti kebanyakan perangkat lunak antivirus, avira berguna untuk memindai (men-scan) virus dan juga dijalankan sebagai proses background, memeriksa setip file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits. Antivirus ini juga melakukan update secara otomatis lewat internet setiap hari. Antivirus ini sudah sangat umum digunakan karena bisa dipasang pada komputer dengan program XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dll. berikut ulasan tentang kekurangan dan kelebihan Avira Antivirus:

KELEBIHAN AVIRA

1. Avira dapat diunduh secara gratis pada situs resminya disamping produk full atau premiumnya.
2. Sangat mudah untuk dinonaktifkan atau diaktifkan kembali agar aplikasi crack tidak terdeteksi
3. Memiliki fitur quarantine yaitu fitur yang apabila avira tidak dapat memperbaiki program/file yang terkena virus maka virus atau file tersebut akan dikarantina sehingga tidak dapat menginfeksi file lain.
4. Memiliki fitur block Autorun. yang dimaksud autorun disini adalah sebuah file untuk menjalankan virus secara otomatis pada komputer.
5. Prses scanning terbilang lumayan cepat.
6. Cocok untuk komputer berspesifikasi rendah karena penggunaan resources memori yang kecil
7. Memiliki fasilitas untuk mencari atau menelusuri virus dari virus yang sudah ditemukan.
8. Update virus definition yang cepat.

KEKURANGAN AVIRA

1. Avira terkadang salah mendeteksi aplikasi-aplikasi normal sebagai sebuah virus.
2. Kostumisasi scan hanya dapat dilakukan untuk drive sedangkan untuk folder tidak bisa dikonstumisasi.
3. Tidak bisa Maximize jendela aplikasi Avira.
4. Membutuhkan waktu yang lama ketika hendak membuka karantina yang sudah berisi ribuan file
5. Dapat memblokir semua file autorun.inf yang bukan termasuk dalam kategori virus.

Avira antivirus dapat diunduh melalui situs resminya di : https://www.avira.com/en/free-antivirus-windows


2. AVAST 


Avast adalah sebuah program antivirus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisisli di Praha, Republik Ceko. Program ini pertama kali rilis pada april 1988. Avast adalah salah satu program antivirus yang pertama dirilis untuk windows x64. Ketersediaan antivirus ini cukup lengkap hampir seluruh platform modern, termasuk PC Microsoft Windows 2000, XP, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Linux, Macintosh, Palm OS, dan bahkan platform Android. Kelebihan antivirus ini adalah kemampuan bekerjanya yang sangat teliti dan tampilan interface yang sederhana sehingga tidak memberatkan proses kerja komputer. Kemampuan antivirus avast tidak perlu diragukan lagi, sejumlah penghargaan telah diterima dari Virus Bulletin atas kemampuannya mendeteksi 100% virus komputer "in-the-wild". Ditambah dengan penghargaan atas Secure Computing Readers, Trust Award dan reward lainnya. Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Avast :

KELEBIHAN AVAST

1. Proses instalasi yang mudah dan cepat.
2. Tampilan interface yang sangat baik.
3. Secara umum antivirus Avast sangat ringan, tidak memberatkan kerja komputer. Sehingga antivirus Avast tetap dapat anda gunakan walaupun Anda memiliki komputer dengan spesifikasi rendah.
4. Antivirus Avast sangat teliti dalam memindai ataupun proteksi.
5. Memiliki fitur Auto Sandbox, yaitu fitur yang berfungsi untuk mengeksekusi suatu file yang mencurigakan, kemudian setelah itu diproses oleh avast sebagai virus atau tidak baru kemudian akan dikirim (upload) sampel file ke situs (lab. penelitian) untuk kemudian dianalisa lebih lanjut.
6. Memiliki fitur Scan Boot Time. Dengan fitur ini, avast akan melakukan pemindaian runtime saat komputer pertama kali dihidupkan.
7. Memiliki fitur audible alarm yakni sebuah ringtone peringatan dan pemberitahuan seperti ancaman telah terdeteksi atau virus databbase telah diperbaharui.
8. Avast dianggap sebagai yang terbaik dalam hal web protection dan email protection.
9. Memiliki fitur blok URL, sehingga Anda dapat mengontrol situs yang dapat diakses. Fitur ini sangat berguna untuk membatasi atau meblokir situs-situs yang dinilai berbahaya, merusak moral, dan tidak mendidik terutama bagi Anda yang memiliki anak, adik yang masih kecil atau remaja.
10. Avast tidak merusak sistem komputer seperti halnya beberapa antivirus lain yang membuat sistem komputer corrupt.

KEKURANGAN AVAST

1. Avast tidak dapat memindai sebuah file/archive yang diproteksi oleh password.
2. Kurang teliti dalam memeriksa file yang masuk dari USB (flashdisk).
3. Heuristik yang tidak sebagus Avira.
4. Pendeteksian virus lokal yang lumayan lambat.
5. Ukuran file yang cukup besar kisaran 80 - 100 MB.
6. Alarm antivirus Avast dianggap sering berbunyi sehingga dapat mengganggu aktivitas.


Untuk mengunduh antivirus  Avast dapat mengunjungi situs resmi avast : https://www.avast.com/en-id/


3. AVG


AVG adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Sebelum berganti nama menjadi AVG Technologies, perusahaan ini bernama Grisoft. AVG antivirus memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh antivirus lain yaitu LinkScanner. Fungsi dari LinkScanner ini adalah untuk men-scan atau memindai tautan pranala atau link saat menjelajah di dunia maya. Selain utu, kelebihan dari AVG  antivirus ini adalah tersedianya fitur Anti-Rootkit. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan tentang kelebihan dan kekurangan AVG antivirus berikut ini :


KELEBIHAN AVG

1. Tidak banyak memakan memori atau RAM.
2. Sangat kuat pada pendeteksian.
3. Memiliki fitur LinkScanner.
4. Memiliki fitur Anti-Rootkit.
5. Memiliki perlindungan Firewall (hanya pada AVG pro).
6. Memiliki fitur Anti-Spyware.
7. Auto-update (hanya jika  PC terhubung ke internet).

KEKURANGAN AVG

1. Sangat kuat dalam pendeteksian namun dinilai lambat dalam pemindaian.
2. Update AVG yang lumayan lama.
3. Memiliki ketergantungan terhadap OS. Jika OS rusak maka AVG juga akan ikut rusak.
4. Lemah dalam mendeteksi virus Trojan.
5. Settngan pengoperasian yang cukup rumit.
6. File yang terinfeksi virus biasanya dihapus bersamaan dengan virus yang menginfeksi.

Untuk mengunduh AVG antivirus dapat menunjungi situe resmi : https://www.avg.com/


3. KASPERSKY


Kaspersky Ani-Virus adalah sebuah program antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Ada duan macam antivirus buatan Kaspersky yaitu Kaspersky Antivirus dan Kaspersky Internet Security. Kaspersky Antivirus digunakan untuk mencegah komputer dari serangan virus sedangkan Kaspersky Internet Security memiliki fitur yang lebih lengkap, selain mencegah komputer dari serangan virus juga melindungi komputer dari ancaman melalui internet sehingga versi ini cocok bagi para pengguna yang sering berselancar di Internet. Berikut ulasan tentang Kaspersky :


KELEBIHAN KASPERSKY

1. Memiliki banyak mode pemindaian.
2. Proteksi keylogger dengan virtual keybiard.
3. Memiliki fitur safe money untuk melindungi transaksi.
4. Update dapat dilakukan secara otomatis ataupun manual.
5. Tampilan interface yang elegan dan modern.


KEKURANGAN KASPERSKY

1. Kecepatan proses download update yang tergolong lambat.
2. Proses full scan tergolong lambat dan membebani sistem.
3. Starter awal Windows berat.
4. Pemakaian memori RAM yang cukup besar.
5. Tidak cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah.
6. File update cukup besar.

Untuk mengunduh Kaspersky Antivirus dapat mengunjungi: https://www.kaspersky.com/antivirus


4. NORTON


Norton Antivirus adalah anti-malware yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Symantec Corportion sejak 1991. Norton Menggunakan tanda signatures dan heuristik untuk mengidentifikasi virus. fitur lain yang dimilikinya adalah penyaringan email spam dan perlindungan phishing. Norton antivirus dapat berkerja pada OS (operating system) Microsoft Windows dan MacOS. Symantec mendisribusikan produk sebagai unduhan, salinan kotak, dan sebagai perangkat lunak OEM (Original Equipment Manufacturer). Norton Antivirus dan Norton Internet Security memegang 61% pangsa pasar ritel AS untuk paket keamanan pada paruh 2007. berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Norton :


KELEBIHAN NORTON

1. Menggunakan  Auto-Protect Technology dan SONAR protection (Symantec Online Advanced Response).
2. Proses pemindaian teliti sampai ke seluk-beluk namun tidak membutuhkan waktu yang lama.
3. Sangat efektif mengatasi serangan Malware.
4. Memiliki LAN Guard yang dapat memindai data yang akan di share.
5.  Update secara berkala.

KEKURANGAN NORTON

1. Sangat lamban dalam startup.
2. Over Protective.
3. Kurang teliti dalam memeriksa file yang masuk melalui USB Flashdisk atau CD drive.


Norton Antivirus dapat diunduh melalui : https://us.norton.com/


5. MICROSOFT SECURITY ESSENTIAL


Microsoft Security Essential adalah perangkat lunak antivirus yang memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis perangkat lunak berbahaya, seperti virus komputer, spyware, rootkit, dan trojan horse. Dibangun di atas mesin pemindaian dan definisi virus yang sama seperti produk antivirus Microsoft lainnya, MSE memberikan perlindungan realtime, memantau secara terus-menerus aktivitas pada komputer, memindai file baru saat dibuat atau diunduh, dan menonaktikan ancaman yang terdeteksi. Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Security Essential :


KELEBIHAN MICROSOFT SECURITY ESSENTIAL

1. Terpercaya karena diterbitkan langsung oleh Microsoft.
2. Disediakan secara gratis oleh Microsoft.
3. Software ringan.
4. Interface yang sederhana.
5. Mudah dienable/disable.
6. Otomatis mendapatkan update jika terhubung ke jaringan.

KEKURANGAN MICROSOFT SECURITY ESSENTIAL

1. System scan dan update yang cukup lama karena  MSE memindai seluruh isi komputer tanpa terlewatkan.
2. Tidak ada pemberiahuan jika terdapat virus.


Unduh melalui situs resmi MSE : https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5201



6. McAfee


McAfee adalah perusahaan perangkat lunak anivirus dan keamanan komputer yang berkantor pusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Beberapa produk perusahaan ini adalah McAfee Virus Scan, McAfee Spam Killer, InstruShield, Entercept, dan Foundstone. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1987 dengan nama McAfee Associates, sesuai dengan nama pendirinya John McAfee. Antivirus McAfee tidak kalah menarik dengan program antivirus yang lain karena fiturnya yang lengkap. Berikut ini review tentang kelebihan dan kekurangan McAfee Antivirus :


KELEBIHAN McAfee 

1. Mampu menghambat lajunya virus yang beredar sekarang, terutama virus yang beredar di jaringan internet.
2. Dapat benar-benar membersihkan virus dari file yang terinfeksi berbeda dengan antivirus lain yang biasanya langsung menghapus atau mengkarantina file terinfeksi tersebut.
3. Dapat diandalkan untuk mendeteksi virus jenis baru.


KEKURANGAN McAfee

1. Tidak dapat mendeteksi beberapa virus lokal.
2. Realtime protection dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat.
3. File update yang lumayan besar sehingga memakan banyak waktu.
4. Update virus definition yang terbilang lambat karena 3 hari sekali.


dapat diunduh melalui situs : https://www.mcafee.com/en-us/index.html


7. SMADAV


Smadav adalah perangkat lunak antivirus karya anak bangsa untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Smadav merupakan antivirus untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebar luas. Nama Smada di ambil dari singkatan nama sekolah pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sementara AV merupakan singkatan dari Anti Virus. Antivirus ini memiliki dua versi yakni versi gratis dan berbayar. Fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini antara lain Smad-Lock dan SmaRTP. Smad-Lock merupakan folder yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan data dari serangan virus, sedangkan SmaRTP berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data. Berikut ulasan tentang kelebihan serta kekurangan Smadav :


KELEBIHAN SMADAV

1. Memiliki teknologi SmartProtection.
Dengan teknologi ini, smadav menjadi antivirus teringan di dunia karena tidak banyak menggunakan resource memory.
2. Top Flashdisk Security.
Smadav otomatis memindai pada saat USB/Flasdish dimasukan dan membuat pengebalan terhadap virus pada USB/Flashdisk.
3. Offline user.
Dapat digunakan secara offline karena smadav mengupdate database virusnya beberapa bulan sekali
4. Tidak menghapus aplikasi sembarangan.
Smadav tidak menghapus file yang dianggap virus secara otomatis, namun file tersebut disimpan di dalam karantina smadav.
5. Memperbaiki Registry.
Smadav dapat memperbaiki registry yang rusak disebabkan virus.
6. Scanner cepat.
Teknologi scan pada smadav diklaim menjadi yang tercepat di dunia.
7. Portable.
Smadav dapat dijalankan secara portable.
8. Memiliki folder null.
Smadav memiliki folder tersendiri untuk menyimpan virus-virus yang terdeteksi.
9. Dapat diintegrasikan dengan antivirus lain.
Smadav dapat diabungkan dengan antivirus utama, karena smadav memang diciptakan untuk proteksi tambahan dan tidak mengganggu kinerja antivirus utama.
10. Fitur one by user.
Jika user mengetahui terdapat virus di komputer tetapi smadav belum mendeteksinya, maka user dapat mengupload virus tersebut kedalam fitur ini.
11. Cegah ransomware dan basmi ransomware.
Smadav dapat mendeteksi virus ransomware yang akhir-akhir ini meresahkan Indonesia dan Dunia.

KEKURANGAN SMADAV

1. Kurang bisa diandalkan untuk menghapus virus luar negeri.
2. Lemah terhadap virus yang dienkripsi.
3. Fake database.
4. Sering not responding.

untuk mendownload SMADAV dapat mengunjungi situs resminya di : https://www.smadav.net/


Demikian review atau ulasan tentang antivirus terpercaya yang banyak digunakan di dunia termasuk indonesia. Semoga tulisan diatas cukup dan bermanfaat serta bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang sedang mencari Antivirus terbaik untuk keamanan komputer.