PENGERTIAN VPN, MANFAAT, DAN CARA KERJA VPN


Virtual Private Network (VPN) adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan publik (internet). VPN adalah suatu cara aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan internet atau jaringan umum (public network) lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi.


FUNGSI DAN MANFAAT VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network (VPN) Secara umum memiliki tiga fungsi utama yaitu :

1. Kerahasiaan (Confidentially)

Menggunakan jaringan publik untuk melakukan transmisi data pribadi yang bersifat rahasia tentunya sangat rentan dan rawan terhadap pencurian data. Penggunaan VPN (Virtual Private Network) merupakan cara yang aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada jangkauan tertentu, melalui koneksi internet atau jaringan lainnya untuk melakukan transmisi data secara pribadi. VPN menggunakan metode enskripsi untuk melindungi lalu lintas data sehingga keamanan data lebih terjamin. Dengan menggunakan VPN maka kita dapat menjaga kerahasiaan serta mengurangi resiko adanya penyusup yang sewaktu-waktu bisa menyusup ke dalam lalu lintas jaringan dan melakukan pencurian data saat kita melakukan transmisi data melalui jaringan publik. 

2. Keutuhan Data (Data Integrity)

Manfaat lain dari VPN adalah melindungi keutuhan data pada saat transmisi. Program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima secara utuh sesuai permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yeng telah dikirim.

3. Otentikasi Sumber (Orgin Authentication)

Teknologi VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan diterima. VPN dapat melakukan pemeriksaan data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, kemudian alamat dari sumber data tersebut akan disetujui jika proses autentifikasi berhasil. Dengan begitu, VPN dapat menjamin semua data yang dikirim dan yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, sehingga tidak ada informasi atau data yang dipalsukan atau dikirimkan oleh sumber atau pihak lain.


MANFAAT VPN (Virtual Private Network)

Manfaat menggunakan Virtual Private Network (VPN) antara lain adalah :
  • Menjaga Privasi - Dengan menggunakan VPN dapat melindungi privasi pengguna, contohnya menyamarkan alamat IP pengguna saat melakukan browsing di internet, sehingga pihak lain tidak mengetahui lokasi geografis pengguna.
  • Remote Acces - Dengan menggunakan VPN kita dapat mengakses komputer ataupun jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet.
  • Keamanan - VPN membantu menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker, terutama ketika menggunakan publik network.
  • Hemat Biaya - VPN dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan transmisi data pada VPN menggunakan media jaringan internet yang ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri dengan biaya yang sangat mahal tentunya.

CARA KERJA VPN (Virtual Private Network)


Cara kerja VPN yaitu dengan membangun jaringan di dalam sebuah jaringan (sering disebut dengan istilah tunneling). Tunneling bertujuan untuk membuat jalur koneksi secara pribadi (private) dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan yang ada. Berikut contoh ilustrasi cara kerja VPN :


Umumnya, saat kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung melalui ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data website yang kita akses akan melewati server ISP yang dapat dilihat oleh pihak ISP. Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Melihat cara kerja VPN ini, maka dapat disimpulkan :
  1. Internet Service Provider (ISP) tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di Internet.
  2. Alamat IP yang terihat saat pengguna VPN mengakses internet adalah IP server VPN.
  3. Penggunaan jaringan publik menjadi lebih aman karena data terenkripsi.
  4. Hanya provider VPN yang dapat melihat aktivitas pengguna VPN di internet.

KELEBIHAN VPN (Virtual Private Network)

Berikut adalah beberapa kelebihan Virtual Private Network (VPN) :

1. VPN dapat dijadikan sebagai solusi bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman dengan biaya yang lebih murah.

2. Dengan adanya VPN, mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana para karyawan dapat terhubung dengan jaringan kantor dari manapun melalui perangkat pribadi mereka.

3. Fitur keamanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

KEKURANGAN VPN (Virtual Private Network)

Adapun kekurangan Virtual Private Network (VPN) adalah sebagai berikut :

1. Dengan menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor keamanan menjadi resiko tersendiri. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global.

2. Membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.


Terlepas dari kekurangannya, VPN memiliki kelebihan tersendiri yang berhubungan dengan layanan jaringan. Ada berbagai macam fitur ditawarkan oleh Virtual Private Network dengan efektifitas biaya. Sekian penjelasan tentang VPN dan berikut ini adalah daftar layanan VPN terbaik dan paling banyak digunakan di dunia :


DAFTAR VPN TERBAIK DAN PALING BANYAK DIGUNAKAN

Ada banyak sekali penyedia layanan Vitual Private Network di dunia, berikut adalah penyedia VPN terbaik dunia yang dapat di Andalkan

1. ExpressVPN


ExpressVPN adalah layanan Virtual Private Network yang ditawarkan oleh perusahaan Express VPN International Ltd yang berbasis di British Virgin Island. Perangkat lunak ini dipasarkan sebagai alat privasi dan keamanan yang mengenskripsi lalu lintas web pengguna dan menutupi alamat IP mereka. Express VPN memiliki lebih dari 3000 server di 160 lokasi server di 94 negara, memiliki 30.000 alamat IP, dan dukungan maksimum perangkat 3 koneksi simultan. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi situs resminya di : https://www.expressvpn.com

2. NordVPN


NordVPN adalah penyedia layanan Virtual Private Network yang berbasis di Panama. NordVPN memiliki aplikasi desktop untuk Windows, macOS, dan Linux, aplikasi mobile untuk Android dan iOS, serta aplikasi untuk Android TV. Memiliki 5.300 server di lebih dari 60 negara, enkripsi 2048-bit, dan dengan dukungan 6 perangkat standar. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi situs resminya di : https://nordvpn.com

3. IPVanish


IPVanish VPN (juga dikenal IPVanis) adalah layanan VPN komersial yang berbasis di Amerika Serikat. IPVanish memiliki klien desktop untuk Microsoft Window, macOS, Linux, Android, iOS, Fire TV, Windows Phone, dan DD-WRT yang dapat dikonfigurasi untuk menggunakan IPVanish. Memiliki lebih dari 1200 jumlah server di 60 lokasi server yang berbeda, 40.000+ Alamat IP serta perangkat maksimum yang didukung adalah 10. Untuk informasi selengkapnya kunjungi : https://www.ipvanish.com

4. Hotspot Shield


Hotspot Shield adalah layanan Vitual Private Network publik yang dikembangkan dan dioperasikan oleh AnchorFree, Inc. Sebuah perusahaan di Sillicon Valley, California, Amerika Serikat. layanan ini melindungi lalu lintas internet penggunanya dari penyadapan dengan membuat koneksi terenkripsi dengan server Hotspot Shield. Hotspot Shield memiliki jumlah server lebih dari 2500 di 25 lokasi server, mendukung hingga maksimum 5 perangkat. Untuk info lengkap tentang Hotspot Shield kunjungi situs : https://www.hotspotshield.com

5. CyberGhost


CyberGhost yang berbasis di Rumania dan Jerman adalah penyedia VPN populer, kemudahan serta kekuatan penggunaannya telah memenangkan lebih dari sepuluh juta pengguna diseluruh dunia. Perusahaan ini memiliki lebih dari 3700 server yang tersebar di 60 negara. Memiliki berbagai fitur tambahan sperti memblokir iklan, pelacak, dan situs web berbahaya. Pengalihan HTTPS otomatis memastikan Anda selalu membuat konekasi yang aman. Kompresi data opsional dapat menghemat bandwitdh di perangkat seluler. Untuk info lebih lengkap kunjungi situs resmi CyberGhost di : https://www.cyberghostvpn.com

6. TunnelBear


TunnelBear adalah layanan Vitual Private Network (VPN) yang berbasis di Toronto, Kanada. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Kaldor dan Ryan Dochuk pada 2011. Kemudian pada maret 2018, TunnelBear diakuisisi oleh McAfee. TunnelBear tersedia untuk Android, Windows, Linux MacOS, dan iOS. Ada juga ekstensi browser Google Chrome dan Opera. Seperti layanan VPN lainnya, TunnelBear memiliki kemampuan untuk mem-bypass pemblokiran konten di sebagian besar negara. TunnelBear memungkinkan pengguna untuk muncul di salah satu dari 22 negara berbeda (termasuk Irlandia, Amerika Serikat, Sweda, dan Italia). TunnelBear memiliki jumlah server 1000 di 22 negara serta mendukung hingga maksimum 5 perangkat. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas  tentang TunnelBear kunjungi : https://www.tunnelbear.com

7. Windscribe


Windscribe adalah layanan VPN yang mampu memberikan pelayanan lebih dari yang Anda harapkan. Klien untuk Wndows, Mac, Android, iOS dan Linux serta ekstensi untuk Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera. Jumlah server yang dimilikinya lebih dari 400 server di lebih dari 60 lokasi dan perangkat maksimum yang di dukung adalah tidak terbatas. Untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang Windscribe VPN dapat mengunjungi situs resminya di : https://www.windscribe.com


Itulah beberapa penyedia layanan Virtual Private Network (VPN) berkualitas yang paling banyak digunakan oleh orang-orang maupun perusahaan di seluruh dunia. Untuk ulasan lebih lengkap tentang VPN di atas dapat mengunjungi situs resmi dari masing-masing vpn.