Buat teman-teman yang sedang atau baru akan belajar atau memperdalam ilmu komputer, mungkin pertanyaan- pertanyaan berikut sering kali muncul dalam benak teman- teman semua. Apa saja perkembangan komputer? Apa saja 5 generasi komputer? Bagaimana sejarah dan perkembangan komputer? Sekarang komputer generasi ke berapa? pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit tentang sejarah evolusi komputer dari masa ke masa atau dari generasi ke generasi. Silahkan disimak semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua.


Google’s Sycamore quantum computer

Sejarah Komputer

Charles Babbage, Ada Lovelace, dan Alan Turing adalah nama-nama yang memiliki kontribusi masing-masing dalam sejarah komputer. Tiap penemuan berpengaruh terhadap perkembangan penemuan lainnya.

Charles Babbage 
Merupakan seorang ilmuwan dan matematikawan Inggris, Charles Babbage memulai penemuannya dari rasa keingintahuan untuk memecahkan perhitungan matematika secara lebih cepat. Awalnya, Charles Babbage membuat sebuah kalkulator kecil untuk hitungan matematika hingga delapan desimal. Kemudian, pada 1823 pemerintah Inggris memberikan bantuan finansial untuk mengembangkan alat serupa, namun lebih canggih. Charles Babbage sering kali disebut sebagai penemu komputer.

Cikal Bakal Komputer Modern Berawal dari Temuan Charles Babbage yaitu mesin penghitung Difference EngineMesin ini mampu menghitung hingga 20 desimal untuk soal penambahan dan pengurangan matematika sederhana. Cara kerjanya bersifat manual, yaitu dengan menarik tuai angka 1-9. Digit-digit tersebut nantinya menghasilkan hitungan sesuai dengan persoalan yang diberikan.

Lanjut dari penemuan tersebut, Babbage mengembangkan Analytical Engine. Mesin ini dapat menyimpan data sebanyak 1.000 angka dalam 50 digit, yang menjadikannya sebagai Komputer dengan kapasitas penyimpanan terbesar di era itu. Memiliki empat komponen penting, cara kerja mesin ini merupakan awal dari komputer digital saat ini. Di dalamnya mencakup mesin input, pemrosesan (serupa dengan CPU), memori penyimpanan data, dan konsep pencetakan data.

Ada Lovelace
Kontribusi Lovelace dalam sejarah perkembangan komputer adalah  menerjemahkan konsep Analytical Engine milik Babbage ke Bahasa Prancis bersama dengan insinyur dan matematikawan Italia, Luigi Federico Menabrea. 

Dari hasil pemikiran tersebut, Lovelace menjelaskan potensi mesin Babbage untuk mengerjakan perhitungan yang lebih rumit dengan konsep angka Bernoulli. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang potensi mesin Babbage dalam memproses hal selain dalam bentuk angka, seperti huruf alfabet. 

Alan Turing
Pada 1936, Alan Turin membuat sebuah konsep penelitian tentang sebuah mesin yang dapat menjawab semua pertanyaan, bahkan yang bukan berkaitan dengan hitungan aritmatika. “On Computable Numbers, with An Application to The Entscheidungsproblem”, yang menjabarkan konsep algoritma mutakhir kala itu beserta perhitungan mekanik untuk pemecahan masalah yang diberikan.

Mesin-mesin terdahulu, hanya mampu menjawab pertanyaan seputar angka dan matematika. Namun, The Universal Turing Machine dapat menerjemahkan berbagai persoalan ke dalam logika dan huruf. Mesin buatan Alan Turing ini berhasil menjawab kode Enigma sebagai simbol komunikasi militer Jerman saat Perang Dunia II. Sistem kerja mesin Turing mampu membaca strategi perang yang direncanakan. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada keselamatan ribuan jiwa korban perang saat itu.


Evolusi Komputer

Berikut ini adalah evolusi komputer mulai dari generasi yang pertama hingga generasi terakhir saat ini

1.  Komputer Generasi Pertama (1940-1955)

Salah satu contoh komputer generasi pertama yaitu UNIVAC dan ENIAC. Komputer generasi pertama ini digagas oleh Konrad Zuse, seorang insinyur asal jerman. Komputer ini menggunakan tabung vakum atau tabung hampa udara sebagai sirkuit dan drum magnetik untuk memori. Komputer generasi pertama ini sangat mahal dan besar. Besarnya komputer ini sampai bisa mengisi seluruh ruangan. Contohnya saja ENIAC, komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot sekitar 30 ton, dengan panjang kurang lebih 30 meter , dan tinggi 2,4 meter. Komputer generasi pertama ini mengandalkan machine language atau bahasa mesin, yaitu level bahasa pemrograman paling rendah yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini hanya bisa menyelesaikan satu perhitungan setiap waktu, serta butuh berhari-hari atau berminggu-minggu untuk menyetel perhitungan baru.  Selain itu, pengoperasian komputer ini sangat sulit dan biaya yang sangat mahal. Pengguna komputer ini harus memakai kartu berlubang atau disebut Punched Cards serta pita kertas untuk melakukan input agar dapat melakukan output yang dihasilkan berupa print-out. 


Komputer ENIAC   source: americanlibrariesmagazine.org


Komputer UNIVAC                                   source: wikipedia


2. Komputer Generasi Kedua (1964-1971)

Pada generasi kedua teknologi tabung vakum yang digunakan pada generasi pertama mulai tergantikan dengan transistor

Ciri-Ciri komputer generasi ke dua adalah Menggunakan transistor atau disebut juga solid state devices. Secara fisik, makin ringan dan kecil dibanding generasi pertama. Penggunaan memori/storage semakin besar. Proses lebih cepat. Mulai digunakannya on-line data processing. Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data). Keunggulan komputer generasi kedua ini dinilai jauh lebih efisien dibandingkan dengan tabung vakum, dengan bentuk yang lebih kecil serta hemat energi. 

Selain itu, biaya pembuatan komputer ini pun jauh lebih terjangkau dibandingkan komputer generasi pertama. Pada periode inilah bahasa pemrograman mulai diperkenalkan. Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin dan generasi kedua menggunakan bahasa assembly dan bahasa simbolik. Komputer generasi kedua ini banyak digunakan di beberapa instansi seperti universitas, perusahaan hingga pemerintahan. IBM 7000, ATLAS, dan MARK II adalah contoh generasi komputer kedua. Selain itu, pada generasi kedua komputer ini teknologi penyimpanan memori sudah berubah, dari drum magnetik menjadi tekonologi magnetik.

Komputer ATLAS                                         source: wikipedia


Komputer IBM 7000                                   source: sutori.com


Komputer MARK II                        source: museum.ipsj.or.jp


3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1971)

Tahun 1965-1971 generasi komputer ketiga dimulai, dengan menggunakan Integrated Circuit atau Ics, digunakan sebagai komponen dasar komputer bukan lagi menggunakan transistor. Namun, transistor tetap digunakan dengan ukuran yang diperkecil. 

Ciri-ciri dari komputer generasi ketiga ini adalah menggunakan IC (Integrated Circuits). IC merupakan kumpulan transistor yang dipadatkan dalam komponen elektronika. Menggunakan multiprocessing dan multiprogramming. Menggunakan Visual Display terminal, menampilkan grafik, menerima dan menampilkan suara. Menggunakan MIRC (Magnetic Ink Characters Recognation)

Komputer Generasi Komputer generasi inilah cikal bakal komputer yang menggunakan keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi yang dapat membuat operator berinteraksi. Komputer generasi ketiga ini sepuluh ribu kali lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Komputer generasi tiga ini sudah menggunakan visual display dan dapat mengeluarkan suara. Selain itu, komputer generasi ketiga ini sudah dapat melakukan multiprocessing dan mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain, komputer ini juga lebih murah dan dapat di jangkau masyarakat umum. Pada tahun ini juga, komputer berkembang sangat pesat. Contoh komputer generasi ketiga yaitu  IBM seri 360, ICL 1900, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, dll


IBM seri 360                                             source: sourcegraph

ICL 1900                                                source: briantownsley

UNIVAC 1108                                   source: computerhistory



4. Komputer Generasi Keempat (1971-Sekarang)

Tahun 1971 hingga sekarang adalah komputer generasi keempat yang menggunakan mikroprosesor sebagai komponen dasar komputer. 

Ciri dari komputer generasi empat ini adalah Menggunakan LSI yang dikembangkan menjadi VLSI. Teknologi pembuatan VLSI disebut dengan MOS teknologi merupakan pemadatan ribuan transistor ke dalam suatu chip. Chip ini disebut juga dengan C-MOS (Chip Metal Oxide Semi Conductor) karena terbuat dari metal (logam/aluminium) melalui proses oksidasi dan bersifat semi konduktor.

Chip mikroprosesor ini memiliki ribuan transistor dan beberapa macam elemen sirkuit yang saling terhubung menjadi satu. Pada periode inilah INTEL menjadi perusahaan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan chip mikroprosesor yang merupakan cikal bakal perkembangan komputer canggih seperti sekarang ini. Pada tahun 1971 IBM menciptakan komputer yang didesain khusus untuk kalangan rumahan, pada tahun 1985 perusahaan APPLE mengeluarkan sistem operasi komputer yang bernama Macintosh. Pada generasi keempat ini cikal bakal komputer jinjing atau yang disebut sebagai laptop tercipta. Beberapa contoh komputer generasi empat adalah IBM 370, Intel 4004, Altair, Cray-1, ARCNET, Apple II, Xerox Star.

Chip Intel C4004                                          source: hackaday


Komputer Altair 8800                                   source: emustudio


Komputer Apple II                            source: history-computer




5. Komputer Generasi Kelima (1990-Masa Depan)

Sekarang hingga masa depan, komputer generasi lima masih dalam tahap pembangunan atau pengembangan. Dimana Komputer generasi kelima ini mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga disebut sebagai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent/AI) . Dalam AI ini dikembangkan Sistem Pakar (expert System), Robot dan sebagainya. 

Saking canggihnya komputer ini, para ilmuwan mencoba membuat komputer yang dapat memiliki pikiran layaknya manusia. 

Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

source: ittelkom