Hallo guys selamat datang kembali di blog ini. Sebelum membahas tentang Konsep Dasar Sistem Bus pada komputer, mungkin teman-teman ada yang belum mengetahui apa itu bus dan sistem bus pada komputer. Nah disini saya akan mencoba menjelaskan secara sederhana pengertian dari BUS. Silahkan disimak ya guys.


Apa Itu BUS ?

Jadi guys, BUS adalah sebutan dari sebuah lintasan komunikasi pada komputer yang digunakan sebagai media transmisi bersama antara satu komponen dengan komponen lainnya. Meskipun bus adalah media transmisi bersama, apabila dua buah perangkat melakukan transmisi sinyal di waktu yang bersamaan pada satu lintasan, hal ini bisa menyebabkan sinyal transmisi yang dikirim menjadi tumpang tindih guys. Sehingga tidak bisa dibaca oleh penerima transmisi. Dengan kata lain, hanya ada satu perangkat saja yang bisa melakukan transmisi pada satu lintasan di suatu waktu.

Source : www.pngegg.com

Jenis-Jenis BUS

Apa saja jenis-jenis BUS ? Nah guys,  BUS terbagi menjadi dua jenis yaitu Dedicacted BUS dan Multiplexed BUS. Dedicated BUS adalah BUS yang hanya terdiri dari satu baris saja guys. Sehingga BUS ini termasuk jenis BUS yang sangat lambat karena transmisi data hanya dapat dikirim satu persatu saja. Jenis BUS inilah yang sering kita kenal dengan sebutan USB yang merupakan kependekan dari Universal Serial BUS. Sedangkan Multiflexed BUS adalah jenis BUS yang memiliki beberapa baris lintasan yang dilalui transmisi informasi yang berbeda guys baik itu data, alamat ataupun sinyal kontrol. Jenis BUS ini dapat mengirim beberapa data transmisi dalam waktu bersamaan sehingga proses transfernya lebih cepat guys dibandingkan dengan dedicated bus yang hanya memiliki satu jalur.


Sistem BUS pada Komputer

Seperti yang kita ketahui guys, sebuah komputer itu memiliki berbagai komponen seperti CPU, Memori, dan I/O yang memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda guys. Dari setiap komponen ini memiliki jalur komunikasi yang disebut BUS. Pengertian dari sistem bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya.

Source : datasheetgadget.wordpress.com


Cara Kerja Sistem BUS

Jadi guys, setiap Bus yang ada di komputer merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda pada komputer. Pada setiap komponen atau perangkat seperti RAM, Processor, Graphics Processing Unit, terdapat BUS utama berkecepatan tinggi yang disebut FSB (Front Side BUS) yang digunakan sebagai penghubung komponen-komponen ini guys. Sedangkan untuk perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh Bus berkecepatan lebih rendah yang terhung ke bus lain yang berkecepatan lebih cepat sampai ke Bus utama. Komunikasi antar bus ini menggunakan sebuah bridge yang menghubungkan Bus satu dengan lainnya. Berikut ini adalah contoh diagramnya guys.

Source : miro.medium.com


Demikianlah pembahasan kali ini guys, semoga tulisan ini bermanfaat dan saya mohon maaf atas segala kekurangannya. Kritik dan saran yang membangun saya harapkan dari pembaca agar blog ini semakin baik lagi kedepan. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima kasih.